Titik Balik

 Titik Balik

Tulisan ini khusus saya persembahkan buat sahabat saya yang "sangat baik", bahkan kebaikannya sungguh susah saya menilai dengan angka dan kata-kata. Saya kasih judul dengan titik balik, karena saya merasa sejak mengenal Surgana sipenjual Tas Kertas dan mendapatkan banyak kebaikan dari ilmu yang dia berikan, maka saat itulah saya bisa menjadi.Ya menjadi sesuatu yang bisa saya banggakan yakni jadi Pengusaha. Saya kasih tahu dulu, Saya sudah berteman dengan orang ini sejak tahun 1997 , sejak mulai kuliah di UIN. sama sama aktif di KOPMA dan HMI. jadi perkenalan saya bukan hanya 5-10 tahun ya, sudah 24 tahun coy...!!

Saya masih ingat, bahwa ketika saya mulai ingin menjadi pengusaha, saya masih awam sekali dengan dunia intrenet marketing. Yangs Saya tahu hanya satu yakni berjualan dengan menggunakan Facebok. Maka Tahun 2010, saya mentahbiskan diri menjadi pengusaha yakni berjualan Tas Lokal yang saya ambil dari Bogor. Saya memulai usaha ini dengan modal berani saja dan impian yang tidak jelas seperti apa petanya, namun Alhamdulillah terus berlanjut, Usaha saya serahkan kepada istri , dan Saya membuat Usaha lain yakni Usaha Penjualan Rak Minimarket yakni perlengkapan Rak untuk minimarket dan supermarket.

Di awal jualan, saya hanya tahu channel pemasaran lewat facebook , OLX saja. karena ilmu pengetahuan yang pendek dan terbatas tentu ussaha ini tidak terlalu boom dan butuh waktu panjang, sampai akhirnya saya Belajar Sama Kawan Sangat baik Saya yakni Surgana Gautama. 

"bro, itu apaan? yan kamu share di Facebookk?

" iKamu mau tau?

" ya mau lah"

" sini kau kuajari"

ya, Aku ingat pada waktu itu tahun 2011, Saya pastikan jadwal datangke rumah Surgana malam hari. Kemudian tanpa ba bi bu. dia langsung sikat saja

"bisnis mu apa sekarang"?

" jualan Rak Minimarket"

" oke, kita mulai"

Nah, surgana langsung saja menceramahi saya dengan berbagai macam tetek bengek ilmu SEO. Bahwa hari ini, sebuah bisnis akan besar jika kamu membuat website dan jualan lewat Web dan kamu SeOKan!! sepanjang obrolan itu, saya masih ingat, surgana menulsikan di atas kertas sebuah peta yang harus aku lakukan. 

" kau lakaukan yaa!!!, Minimal setiap hari kau harus posting!! wajib, bila kamu malas aku nggak tanggung jawab, dan bila bisnismu bagus aku juga nggak minta apa-apa , kwkkwkwk

Saya ketawa saat itu dan membayangkan semua ilmu yang dia share, aku dapat gratis. Dan pastinya saya tidak mencerna semua, namun saya lakukan setiap hari. Posting artikel dan menempatkan iklan baris di beberapa web online....daaaan./BOOOOMM. Omset jualan saya tahun 2012 sampai 1,5 milyar. Tapi sayangnya setelah omset besar dan saya menjadi sibuk, saya lupa sama surgana, wkwkwkkw..kita hanya say helllo di FB saja kalau nggak ya sekali-kali aku ajak orang lain untuk belajar sama Surgana, jika ketemu orang lain, Saya selalu promoikan surgana bahwa dia Ahli SEO, karena sudah terbukti dampaknya kepada bisnis Saya sendiri.

Ketika berjalan tahun tahun berikutnya, Sampai saya ketemu lagi dan main ke rumahnya, Saya sudah mendirikan perusahaan secaralegal yakni Ritelteam Indonesia yang memiliki produk antara lain Konsultan minimarket, software kasir, Rak Minimarket dan Juga training minimarket, Saya sampaikan kondisi usaha saya dan dia langsung sigap "

"Sini tak buatkan website untukmu, Kau bayar 10 juta sini.....Nggaklah, kau ada uang berapa kau bayarlah berapapun...saya masih ingat waktu itu usaha sudah berkembang dan memiliki jasa layanan konsultan minimarket, maka ditawarin lagi ama dia untuk dibuatkan website www.konsultanminimarket.com dan www.rakminimarketmurah.net...dan saya hanya membayar 2,5 juta saja wwkwkwkkw...gila apa? website yang sudah di seokan dengan artikel yang ciamik dan keren dan saya hanya bayar 2,5 juta...udahlah lupakan, yang penting usahamu Jalan , Kata Surgana.

Dan kembali lagi wowo...woww....website ini juga memberikan dampaak yang luar biasa pada bsinsi saya , omset saya bisa tembus sampai 7 Miyar dalam setahun..Gilaaaa...dan lagi-lagi saya tidak memberikan apa apa sama surgana...tega ya saya? wkwkwkkw....

Namun, ketika tahun 2018, Saya bilang ama Surgana, broo, Ilmu ente harus di share dan jangan gratis, berbayarlah, biar aku yang jadi EO nya ama temen2. Pokoknya kamu harus tak gaji. itupun susah minta ampun menerima persetjuannya dia, karena bagi surgana, Ilmu itu di share gratis saja, buat apa bayar-bayar segala, tapi saya sampaikan, kadang orang tidakbertanggung jawab jika diberikan yang gratisan, Okelah..akhirnya kami sempat mengadakan pelatihan SEO marketing menuju 1 Miyar dan salah dua peserta adalah mas widi yang juga tergabung di grup admobber, Uda Budi dari cabang palembang serta Ridho Kampai yang juga sebagai Panitia sekaligus EO menyerap ilmu dengan bagus sekali.

Kemudian Pada tahun 2020, Surgana juga memberikan insigh baru tentang cara mencari uang lewat aplikasi. Sejak bulan April saya sudah mengamati statusnya, Tapi karena saya juga lagi konsen menyelematkan Usaha saya di Ritelteam Indonesia, maka saya belum bisa ikutan. Pada bulan November baru saya ikutan di bsinis ini, Saya masih ingat membayar 10 juta untuk training ini sudah sekalian dibeilakan andromo ultra, Godev juga dan yang ikut training ada 4 orang. Jadi 10 juta itu mahal? ya tidaklahm wong dapatnya malah lebih dari nilai itu, apa saja?

  1. Andromo Ultra udah sewa tahunan
  2. Godev
  3. diibuatkan admob
  4. dibuatkan admob
  5. di settingkan admob saya
  6. yang ikut training 4 orang.
Gila kan? jadi kalau ada yang bilang suergana mencari uang dari pelatihan yang dia adakan, itu jelas sebuah pandangan yang sangat keliru. Walaupun itu sah sah saja, karena pelatihan yang dia berikan diikuti dengan mentorin sampai dia masih hidup. Bayangkan saja, jika saya tanya-tanya tentang ilmu SEO baru, dia pasti masih menyampaikan jika ada yang terbaru. Bahkan semua rahasia ilmunya telanjang dan diberikan kepada saya dan teman-teman.  Bahkan kami telah mendapatkan hasil dari pelatihan ini, jika tidka salah kalkukasi, kami sudah menikmati uang 6 jutaan dan akan cair 2,5 juta lagi. walau memang belum maksimal, karena memang kembali lagi pada "effort" masing-masing orang berbeda. Tapi yang mahal bukanlah angkanya, Tapi dunia baru telah diberikan petanya dan jalurnya oleh surgana. dan yang paling penting lagi adalah, Ilmunya tak habis2 di bagi dan di share ke kita. hanya kita saja yang memilih, mau dapat banyak atau sedikit hahaha..bahkan anak-anak di grup sudah banyak yang mendapatkan hasil nyata. bahkan puluhan juga sampai ratusan juta setiap bulan.

makanya, Saya bilang Surgana bukan baik, tapi dia Baik sekali, aneh dan unik. Kebaikannya entah dariaman datangnya dan kenapa dia begitu terobsesi untuk membantu banyak orang agar mencapai kemakmuran. Padahal itu sangat tidak Mudah. Saya sangat jarang menemukan orang-orang yang ahli IT mau membeberkan ilmunya telanjang dan detail seperti sSurgana. Karena tentu banyak alasan yang itu sah-sah saja. Itulah manusia, namun dengan Pola Pikir Surgana, saya pikir hanya ada 10 diantara 10.000 orang di dunia ini, walau sedikit lebay tak apa. Tapi itu Fakta. Karena banyakyang tentunya mau cari aman dan takut ada pesaing terbuka yang bisa melewati kemampuannya. Surgana? dia malah senang walau mungkin juga kadang merasa, wah kok bisa secepat itu orangnya?" hahahhaha

Bayangkan saja, saya belajar sama dia 2011, 2012 saya dapat omset 1,5 milyar sampai akhirnya bisnis saya setlle dan memiliki banyak karyawan dan beromset bahkan sampai 8-10 milyar setahun hanya dalam jangka waktu 5 tahun.

Tulisan ini bukan memuji bahkan untuk membesarkan hati Surgana, Tapi ini saya jadikan catatan penitng dlaam hidup saya, bahwa ketika berbagi maka semesta akan selalu menjaga hidup kita dan ketika berbagi maka kemakmuran untuk semesta bisa kita wujudkan, apalagi ini berbagi ilmpu pengetahuan yang bisa mendatangkan uang untuk kemakmuran dan ekonomi masing-maisng individu.

Alhamdulillah, sampai saat inipun saya memiliki mindset yang sama dengan Surgana, Bisnis saya juga sudah banyak melahirkan para wirausaha yang akhirnya mereka mandiri dan besar sendiri tanpa saya, Saya bahagia , Karena memang itulah visi awal saya berbisnis. Yakni ingin menciptakan wirausaha baru, sehingga setidaknya bisa menghapsukan kemiskinan walau hanya 0,0001 persen . 
Bahkan mereka-mereka ini menjadi "pesaing" bisnis saya. Saya ajarkan Pengetahuan di awal, Saya bimbing dan bahkan bantu bisnis mereka di awal misal memebrikan stok dan support lainnya, saya dampingi dan saya ajak besar, akhirnya mereka pergi begitu saja dan tak lagi bersama? tak apa, walau sebenarnya inginnya saya adalah kita selalu kolaborasi sama sama sampai akhir hayat (impossible) tak tau juga. Adasih yang masih kolab sama sama , walau ada juga yang menjauh dan berdiri sendiri,  karena memang begitulah normalnya manusia. ketika mereka merasa besar itu karena upaya sendiri, mereka lupa dimana titik awal mereka berdiri dan Mereka ingin kaya sendiri dan takut kaya bersama ..hihi... (curhat neh? nggaklah...Aku Udah Ikhlas, santai saja).

Saya? surgana? kami mungkin tidak normal ...hahahahahhahaa....
Bagaimana dengan kamu? 

Saya selalu bilang, Surgana selalu membagi ilmunya dan dia tak takut apapun yang akan terjadi selanjutnya, karena dia "percaya diri" dengan kemampuannya. Dia selalu membaca tanda-tanda alam dan dia selalu membaca hal-hal baru dalam hidupnya. karena dia memang suka membaca. hehehe

dan saya? Mungkin juga Saya juga sudah dirasuki jin Percaya diri dari Surgana sejak saya ikut belajar ahun 2011 itu....bukan,,,saya melihat ini adalah sebuah Nilai..NIlai yang Saya anut....Saya tak takut apapun..BUkankah ketakutan itu hanya pada Allah semata? aseek...Bawa-bawa Tuhan ...

https://www.konsultanminimarket.com/konsultan-supermarket-nasional.html

Dan bagaimana dengan membuat aplikasi? Ya, sampai saat ini saya masih membuat aplikasi dan meyakini bahwa dari sini akan mendatangkan uang yang banyak dengan cara yang asik dan menarik. Mau belajar buat? sini tak ajari..gratis? mggaklaaah....bayar donk.wkwkw








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat aplikasi Dengan Andromo

Aplikasi emak-emak menghasilkan Ratusan Juta perbulan

Membuat Aplikasi Bagi Pemula